4 Cara Mengatasi No Command di Android

Smartphone sudah menjadi bagian penting dari aktivitas sehari-hari penggunanya. Namun jika smartphone mengalami error bisa membuat kita frustasi. Salah satu masalah di Android yang terkadang cukup mengganggu adalah munculnya “No Command” yang menyebabkan HP kita tidak bisa digunakan.

Jika ponsel Android Anda menunjukkan ikon robot hijau terbaring dengan tanda seru dan di bawahnya tertulis “No Command” itu berarti Anda harus segera memperbaikinya. Biasanya hal seperti ini dikenal dengan istilah Bootloop.

Umumnya masalah ini dapat dengan mudah diselesaikan dengan melakukan restart tetapi terkadang juga tidak dapat menyelesaikan masalah ini. Pada tutorial ini, PonselReset.com akan memberikan banyak tips untuk digunakan ketika ponsel Android hang dengan kata-kata “No Command”.

Cara Mengatasi No Command Hp Android

Cara Mengatasi No Command
Sebelum kita mengatasi masalah No Command ini, penting untuk mengetahui mengapa pesan kesalahan tersebut bisa muncul. Munculnya No Command di layar Hp android sebagian besar disebabkan karena pengaturan ulang perangkat Android Anda yang tidak tepat.

Alasan lain mengapa error tersebut terjadi adalah karena ada masalah dengan aplikasi di perangkat Anda. Gangguan pada instalasi dari Play Store akan menyebabkan kesalahan ini muncul.

Terakhir, masalah no command muncul ketika ada kesalahan saat menginstal atau memperbarui sistem operasi android Anda. Untuk Anda yang penasaran cara mengatasi No Command di Android dapat mengikuti beberapa langkah berikut.

Lakukan Force Restart

Langkah pertama adalah melakukan Force Restart atau memaksa ponsel untuk restart (Mulai Ulang). Cara ini paling mudah namun belum tentu juga berhasil.

Yang perlu Anda lakukan adalah menekan dan menahan tombol Power selama 20 detik sampai 30 detik. Jika ponsel Anda restart lepaskan tombol power.

Jika ponsel tidak masu di restart dengan cara diatas coba lakukan dengan melepas baterainya.

Melepas Baterai

Cara kedua yang mudah menghilangkan No Command di Android adalah dengan melepas baterai Android Anda. Sebelum melepas baterai, matikan Hp terlebih dahulu. Tunggu beberapa saat, lalu pasang kembali baterai kemudian nyalakan kembali Android Anda dan lihat apakah masalah tersebut hilang atau tidak.

Untuk ponsel Android yang baterainya tidak dapat dilepas, sebaiknya jangan coba-coba melepas baterai. Karena baterai ponsel terhubung ke beberapa bagian penting ponsel. Jika mencoba melepaskannya, dapat merusak bagian vital itu.

Silahkan gunakan opsi lain sebagai gantinya seperti di bawah ini.

Wipe Cache via Recovery Mode

Hal pertama yang harus dilakukan ketikaa mengalami masalah ini adalah mencoba berbagai kombinasi di ponsel Anda yang dapat mengarahkan ke recovery mode.

Berikut adalah beberapa cara masuk ke Recovery Mode berbagai merek Hp.

Sedangkan untuk pengguna selain ponsel diatas, dapat mencoba menekan kombinasi tombol Volume Atas dan Power atau coba tekan tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan.

Setelah berhasil masuk ke recovery mode silahkan pilih opsi wipe cache partition terlebih dahulu karena ini tidak akan menghapus data Anda.

Namun jika tidak berhasil, coba pilih Factory Reset dan ini akan menghapus data di ponsel Anda. Setelah memilih partisi wipe atau factory reset, pilih ‘reboot system’. Ponsel Anda akan restart, dan jika Anda beruntung, masalah no command tidak akan muncul lagi.

Install Ulang ROM

Langkah berikutnya yang bisa kalian coba adalah dengan install ulang ROM atau Firmware. Untuk melakukannya, Anda butuh file ROM yang bisa didapatkan di berbagai situs penyedia.

Catatan: Jangan sampai salah pilih ROM, pastikan sesuai dengan versi Hp Anda. Jika ragu sebaiknya bawah ke orang yang ahli.

Untuk selain ponsel yang saya sebutkan di atas dapat menemukan sendiri ROM atau Firmware.

Setelah file ROM di download, letakan di SDcard bisa dilakukan lewat Card Reader atau gunakan Hp milik teman.

Langkah berikut masuk ke Recovery seperti cara di atas lalu pilih Install kemudian pilih file ROM yang telah Anda download tadi.

Setelah itu tunggu proses install selesai, mungkin sekitar 3 sampai 5 menit. Jika sudah selesai lakukan Reboot.

Jika masalah No Command masih berlanjut, coba lakukan instalasi lewat PC tapi sangat sulit untuk dilakukan oleh pemula. Sebaiknya bawa Hp Android Anda ke service center terdekat agar dapat diperbaiki dan terhindar dari kerusakan yang lebih parah.

Demikianlah beberapa cara mengatasi No Command di Hp Android. Semoga salah satu panduan yang kami berikan dapat memperbaiki masalah tersebut.

Tinggalkan komentar