Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul Di Hp Android

Salah satu masalah yang membuat pengguna Android kesal adalah notifikasi dari aplikasi seperti Whatsapp, Telegram, Instagram sering telat bahkan tidak muncul.

Notifikasi merupakan fitur penting yang memudahkan kita mendapatkan informasi dengan cepat. Setiap update ke versi Android terbaru, kemampuan notifikasi selalu ditingkatkan baik dari segi fitur maupun pengalaman pengguna.

Meskipun begitu, masih ada saja kendala yang sering dijumpai terutama, notifikasi yang sering tidak ada suara, tidak muncul di status bar dari beberapa aplikasi sosial media dan pesan instan.

Masalah seperti ini sering dialami oleh pengguna Android yang memiliki spesifikasi rendah terutama dalam hal RAM. Jika Anda mengalami notifikasi Android yang tertunda atau tidak muncul sama sekali, jangan berkecil hati, karena Anda masih bisa mengatasi masalah notifikasi tertunda dengan mengikuti beberapa panduan di bawah ini.

Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Muncul Dan Berbunyi

Sebelum Anda mencoba beberapa perbaikan secara teknis untuk notifikasi di Android yang tidak berfungsi, cara yang paling mudah dan tanpa ribet adalah dengan cara mematikan kemudian menghidupakn kembali ponsel Anda atau yang biasa dikenal dengan istilah Restart.

Sering kali kita menggunakan ponsel selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan tanpa sekalipun melakukan restart. Dengan memulai ulang smartphone Anda dapat membantu memperbaiki beberapa masalah software seperti tidak mendapatkan notifikasi secara cepat.

Sebelum mengikuti beberapa cara memperbaiki fitur notifikasi ini, silahkan coba terlebih dahulu dengan restart ponsel Anda untuk melihat apakah hal ini bisa memperbaiki masalah pemberitahuan.

Cara Mengatasi Notifikasi Telat

Cek Pengaturan Notifikasi Di Aplikasi

Pertama Anda perlu, meninjau pengaturan notifikasi di aplikasi Anda. Pada versi Android yang lebih baru, pengguna dapat dengan mudah mengubah pengaturan untuk notifikasi aplikasi tertentu.

Di sini saya mencontohkan Whatsapp, aplikasi ini memungkinkan Anda mengubah pemberitahuan untuk berbagai fungsi seperti pesan pribadi, obrolan grup, pemberitahuan cadangan, pemutaran media dan lain sebagainya.

Jika fungsi-fungsi tersebut dinonaktifkan, Anda mungkin mengalami masalah saat menerima notifikasi pesan dari pacar atau group. Untuk memeriksa apakah Anda telah menonaktifkan pemberitahuan tersebut, silahkan ikuti panduan dibawah ini.

  • Pada beranda ponsel Anda, cari aplikasi yang notifikasinya sering telat.
  • Kemudian tekan dan tahan ikon aplikasi tersebut, lalu pilih Info aplikasi.
  • Selanjutnya pilih Notifikasi.
  • Anda akan melihat daftar opsi pemberitahuan yang tersedia untuk aplikasi.
  • Gulir ke bawah untuk melihat siapa saja yang dinonaktifkan dan aktifkan jika sesuai dengan yang Anda cari.
  • Selain itu, Anda akan dapat memilih apakah ingin pemberitahuan itu bersuara atau diam.

Sebagai alternatif, jika Anda tidak dapat meluncurkan pengaturan aplikasi dari laci Anda, cukup buka Pengaturan >> Aplikasi & pemberitahuan >> temukan aplikasi yang terpengaruh >> lalu ketuk Pemberitahuan.

Nonaktifkan Fitur Do Not Disturb (Mode Jangan Ganggu)

Mode DND (Do Not Disturb) adalah salah satu fitur yang memungkinkan Anda untuk mematikan notifikasi kapan pun dengan sekali tekan. Fitur ini memang disediakan untuk pengguna yang tidak ingin terusik oleh berbagai macam notifikasi.

Mungkin Anda tidak sengaja mengaktfikan fitur ini sehingga push notifikasi tidak berfungsi di HP Android milikmu. Untuk mematikannya, cukup geser ke bawah panel pengaturan cepat dan nonaktifkan Jangan Ganggu.

  • Tarik ke bawah Notifications Drawer.
  • Tarik lagi ke bawah untuk mendapatkan Quick Settings.
  • Pastikan Anda nonaktifkan Do Not Disturb.

Hapus cache aplikasi

Jika Anda masih belum berhasil mengatasinya dengan salah satu perbaikan yang disebutkan di atas, ada baikhya untuk mencoba membersihkan cache dari aplikasi yang notifikasinya sering tertunda.

Cache adalah teknologi untuk menyimpan beberapa data sementara yang dapat digunakan oleh aplikasi nanti. Dengan cache ini akan mempercepat proses membuka aplikasi dan game.

Akan tetapi, cache yang menumpuk dapat menghalangi munculnya notifikasi. Untuk itu Anda perlu menghapus cache dari aplikasi seperti Instagram atau Whatsapp. Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghapus data cache.

  • Buka menu Pengaturan Android Anda.
  • Pilih Aplikasi & Pemberitahuan.
  • Klik Kelola aplikasi untuk menampilkan semua aplikasi terinstall.
  • Sekarang cari aplikasi yang notifikasinya tidak muncul.
  • Pilih Penyimpanan & cache, kemudian Hapus cache.

Matikan Pengoptimalan Baterai

Di Android terdapat fitur yang disebut battery saver, dimana jika fitur ini diaktifkan, aplikasi pihak ketiga yang berjalan di background akan dimatikan (di alihkan ke mode sleep). Fitur ini berguna untuk mengoptimalkan masa pakai baterai agar tahan lebih lama.

Aplikasi pihak ketiga seperti Facebook, Whatsapp, Instagram ini tidak akan bisa mengeluarkan notifikasi jika dalam dalam mode tidur (Sleep Mode) atau tidak berjalan di latar belakang.

Oleh karena itu, jika Anda tidak bisa mendapatkan pemberitahuan dari beberapa aplikasi, silakan periksa Pengoptimalan Baterai di pengaturan smartphone Anda. Mungkin aplikasi tersebut dalam mode sleep saat Anda mengaktifkan pengoptimalan baterai.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menonaktifkan pengoptimalan baterai untuk beberapa aplikasi.

  • Buka aplikasi Pengaturan HP Anda.
  • Klik pada bilah pencarian dan masukkan Pengoptimalan baterai atau hanya Baterai.
  • Sekarang klik Pengoptimalan baterai dari daftar.
  • Di jendela pengoptimalan baterai, pilih opsi untuk melihat semua aplikasi.
  • Sekarang cari aplikasi yang terpengaruh dan nonaktifkan pengoptimalan baterai.

Setel ulang preferensi aplikasi

Jika notifikasi masih tetap error di ponsel Anda, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mengatur ulang preferensi aplikasi, yang mana ini akan mengembalikan preferensi default di aplikasi.

  • Buka Pengaturan perangkat Anda.
  • Ketuk Aplikasi & notifikasi.
  • Pilih Info aplikasi atau Kelola aplikasi untuk menampilkan semua aplikasi yang diinstal.
  • Sekarang klik menu 3 titik di sudut kanan atas, lalu pilih Setel ulang preferensi aplikasi.
  • Konfirmasi untuk mengatur ulang preferensi aplikasi.

Cara Memperbaiki Notifikasi Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Notifikasi Tidak Berfungsi
Sedangkan untuk pengguna Android yang mengalami sama sekali notifikasinya tidak berfungsi atau error. Berikut beberapa panduan untuk memperbaikinya.

Uninstall Aplikasi Peningkat Performa

Berbagai jenis aplikasi yang bisa kita temukan di Play Store. Aplikasi yang berfungsi untuk meningkatkan performa ponsel untuk bermain game bisa menjadi salah satu sebab notifikasi jadi terlambat diterima.

Cara kerja aplikasi peningkat performa seperti game booster adalah dengan mematikan aplikasi-aplikasi lain disaat Anda sedang bermain game. Oleh karena semua notifikasi dari aplikasi tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Perbarui aplikasi

Jika Notifikasi Android tidak berfungsi di Android Anda, masalahnya mungkin juga berasal dari aplikasi itu sendiri dan bukan ponsel Anda. Ini bisa terjadi jika Anda menggunakan aplikasi versi lama atau versi yang memiliki bug. Untuk itu, Anda mungkin perlu memperbarui aplikasi tersebut.

Silakan buka Play Store untuk memeriksa pembaruan untuk aplikasi yang mengalami masalah dengan notifikasi. Jika aplikasi Anda sudah versi terbaru, silahkan tunggu pembaruan berikutnya untuk mengatasi masalah ini.

Selain itu, jika Anda menjalankan aplikasi versi beta, pertimbangkan untuk keluar dari program beta dan instal versi stabil.

Install Ulang Aplikasi

Terakhir yang bisa Anda lakukan agar notifikasi bisa berfungsi kembali adalah dengan menghapus kemudian menginstal ulang aplikasi tersebut. Anda Cukup buka Play Store dan cari aplikasinya, lalu hapus aplikasi tersebut kemudian Instal kembali aplikasi dengan aman dan terus gunakan.

Akhir Kata

Sistem notifikasi pada Android merupakan salah satu fitur yang hingga saat ini bisa dibilang fitur utama. Di sistem notifikasi, pengguna bisa mendapatkan banyak pengaturan di dalamnya.

Semenjak di Android Nougat, Google melakukan banyak perubahan pada notifikasi seperti menambahkan beberapa warna, dan semakin cepat untuk dapat melihat informasi yang lebih penting.