Cara Opsi Pengembang HP Xiaomi Semua Versi MIUI

Ada banyak fitur bermanfaat bisa kita temukan di Opsi Pengembang Xiaomi, jika berniat mengaktifkan dan menggunakan beberapa fitur yang tersedia di developer option, silahkan mengikuti panduannya di sini.

Opsi Pengembang adalah pengaturan tersembunyi yang ditemukan di perangkat Android. Dimana menu ini memiliki beberapa fitur berguna untuk para developer seperti Mock Location, USB Debugging, OEM Unlocking, Animation Scale dan lain sebagainya.

Meskipun Anda bukan seorang developer, ada beberapa fitur-fitur khusus yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman selama menggunakan HP Xiaomi. Misalkan, USB Debugging dan OEM Unlock salah satu syarat untuk Unlock Bootloader, Force 4x MSAA untuk meningkatkan kualitas tampilan grafis ponsel Xiaomi.

Jika Anda salah satu yang bertanya tentang “bagaimana cara mengaktifkan Opsi Pengembang di Xiaomi?” maka langkah yang tepat mengunjungi halaman ini. Disini, PonselReset akan mencoba menjelaskan secara lengkap cara untuk menggunakan fitur tersebut.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang Xiaomi

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang HP Xiaomi
Opsi Pengembang merupakan fitur khusus untuk para pengembang aplikasi, Jika ingin menggunakannya perlu mengaktifkan terlebih dahulu agar dapat mengakses semua fiturnya. Berikut ini langkah-langkah mengaktifkan opsi pengembang di HP Xiaomi.

  1. Buka Setelan HP Xiaomi.
  2. Kemudian pilih Tentang Ponsel.
  3. Setelah itu klik sebanyak 7x pada tulisan Versi MIUI.
  4. Nanti muncul notifikasi “Sekarang anda sudah menjadi pengembang“.
  5. Setelah itu buka menu Setelan Tambahan kemudian pilih Opsi Pengembang.
  6. Pada bagian atas geser toggle Opsi Pengembang untuk mengaktifkannya.

Setelah fitur opsi pengembang di HP Xiaomi aktif, maka pengguna sudah dapat memanfaatkan beberapa fitur yang kami sebutkan di bawah ini. Untuk lebih lengkap mengenai fiturnya dapat kalian simak berikut.

Fitur-fitur Di Opsi Pengembang Xiaomi

Sekarang sudah berhasil mengaktifkan menu Developer Options atau Opsi Pengembang. Di sana Anda akan menemukan beberapa fitur yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Debugging USB

Jika berniat ingin menghubungkan ponsel Xiaomi milikmu ke PC melalui kabel usb agar bisa digunakan untuk berbagi layar (mirroring screen), Anda harus mengaktifkan fitur ini. Fitur Debugging USB ini juga berguna untuk memasang TWRP via fastboot, melakukan UBL dan lain sebagainya.

Mock Location

Jika tidak ingin aplikasi atau layanan online mengetahui lokasi Anda berada, silahkan aktifkan fitur Mock Location atau Lokasi Palsu ini. Dengan fitur ini bisa membuat lokasi palsu seakan-akan sedang berada di lokasi tersebut.

Skala animasi jendela

Untuk mengurangi lag yang terjadi di ponsel Xiaomi, mengecilkan skala animasi jendela merupakan solusi yang cukup ampuh. Anda bisa setting skala animasinya menjadi 0,5. Lakukan juga hal sama pada opsi skala animasi transisi dan skala durasi animator.

Batasi proses latar belakang

Jika di ponsel Xiaomi banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, hal ini salah satu penyebab terjadinya lag dan hang. Anda dapat membatasi aplikasi di background melalui fitur Batasi proses latar belakang yang ada di Opsi Pengembang.

Force 4x MSAA

Dengan mengaktifkan force 4x MSAA ini, ponsel Xiaomi akan memiliki kinerja grafis lebih halus dan mengurangi lag saat bermain game. Akan tetapi, hal ini menguras baterai lebih cepat.

Sebenarnya masih banyak lagi fitur lain yang bisa kita manfaatkan, silahkan coba sendiri satu per satu fitur pada Opsi Pengembang ponsel Xiaomi ini.

Game Driver

Fitur Game driver ini hanya tersedia di MIUI 12 yang berguna untuk mengurangi lag dan patah patah ketika bermain game online seperti mobile legends, PUBG Mobile ataupun Free Fire.

Akhir Kata

Seperti kami jelaskan di atas, opsi pengembang sebenarnya hanya untuk para developer agar bisa menguji aplikasi yang sudah dibuatnya.

Selain bisa menggunakan fitur yang telah kami sebutkan tadi, kamu pun bisa menemukan berbagai macam fitur lain di mode developer tersebut, seperti untuk menampilkan Efek sentuhan, mengaktifkan Paksa aktivitas untuk bisa diubah ukurannya, serta mempercepat kinerja perangkat.

Dan mungkin banyak fitur kurang Anda mengerti dan bisa saja salah satu fitur tersebut dapat menyebabkan ponsel Xiaomi milikmu mengalami masalah. Oleh karena itu, sebaiknya setelah menggunakan opsi pengembang, silahkan di nonaktifkan kembali.

Tinggalkan komentar