Cara Reset i Cherry Untuk Memperbaiki Error dan Kunci Pola

Prosedur cara reset i Cherry menggunakan recovery serta menu pengaturan, yang mana bisa Anda terapkan sesuai dengan situasi dan kondisi yang dialami ponsel kepunyaanmu.

Sekarang ini, mungkin Anda sedang pusing karena kendala yang menimpa smartphone milikmu. Entah itu sering hang, aplikasi force close, terasa panas banget, layar terkunci, ngelag atau hal lain seperti bootloop atau hang di logo.

Jika ingin dibawa ke tukang service, sebaiknya mencoba mereset ulang terlebih dulu. Melalui reset handphone i Cherry Anda akan kembali ke pengaturan pabrik dan seluruh file serta data yang tersimpan akan musnah.

Ada hal yang mesti Anda lakukan sebelum di reset, sangat disarankan mencadangkan semua file dan data penting yang disimpan di HP kepunyaanmu. Apabila telah rampung proses melakukan backup, sekarang bisa mengikuti hard atau factory reset di i Cherry ini.

Reset i Cherry Lewat Pengaturan

Cara Reset HP i Cherry
Sama seperti perangkat Android lainya, i Cherry juga memiliki opsi kembali ke pengaturan pabrik yang ada di menu pengaturan. Anda bisa menggunakan opsi ini untuk melakukan reset.

  1. Pertama buka menu Pengaturan atau Settings.
  2. Selanjutnya tap opsi Backup & Reset.
  3. Berikutnya pilih Factory data reset.
  4. Dibagian bawah tap opsi Reset Phone.
  5. Konfirmasi dengan klik tombol ERASE EVERYTHING.

Selanjutnya otomatis HP i Cherry Anda akan restart dan melakukan proses reset, silahkan menunggu dan pastikan ponsel Anda tidak kehabisan baterai selama proses reset.

Reset i Cherry Lewat Recovery Android

Cara Reset HP i Cherry via Recovery
Jika kondisi HP Anda tidak memungkinkan untuk melakukan reset melalui pengaturan, karena mengalami bootloop atau macet di logo i Cherry, atau terkunci oleh pola atau kata sandi, Anda dapat melakukan reset melalui mode recovery.

  1. Pertama matikan ponsel i Cherry Anda terlebih dahulu.
  2. Jika dalam kondisi bootloop, cabut baterai kemudian pasangkan kembali.
  3. Tekan tombol Volume Atas dan Power bersama-sama, tahan terus dan lepaskan setelah muncul logo i Cherry.
  4. Setelah masuk ke recovery, pilih Wipe Data/Factory reset.
  5. Langkah selanjutnya, pilih Yes – Delete All User Data.
  6. Jika sudah selesai, silahkan pilih Reboot Sytem Now.
  7. Ponsel Anda akan restart dan tinggal menunggu sampai masuk ke beranda.

Catatan: Untuk navigasi nak dan turun gunakan tombol Volume sedangkan tombol Power untuk konfirmasi OK.

Dengan demikian, seluruh file yang terinfeksi virus atau malware serta data yang rusak akan ikut lenyap oleh sebab itu HP i Cherry kepunyaanmu akan normal kembali seperti semula.

Reset Kunci Pola, PIN dan Password

Sebenarnya, reset lewat recovery bisa mengatasi masalah kunci pola yang lupa, Jika Anda tidak berhasil masuk ke recovery dikarenakan tombol power atau volume sudah rusak, silahkan menggunakan layanan Google Find My Device untuk melakukan reset.

  1. Buka browser PC atau perangkat lain kemudian akses ke halaman Google Find My Device.
  2. Selanjutnya sign in dengan akun Google yang terhubung dengan i Cherry kepunyaanmu.
  3. Setelah masuk ke Find My Device, pilih Hapus Perangkat.
  4. Konfirmasi dengan klik Hapus Perangkat tombol warna hijau.
  5. Anda akan diminta untuk login kembali. Setelah itu proses reset akan berjalan.

Biarkan proses reset berlangsung sampai selesai, nanti otomatis kalau sudah selesai akan langsung masuk ke homescreen.

Penutup

Semua perangkat elektronik memiliki opsi untuk mereset ulang, semua pengaturan yang ada di perangkat Anda akan kembali ke bawaan pabrik seperti saat pertama kali Anda membelinya.

Demikian juga dengan semua data, aplikasi dan game serta cache akan terhapus juga, oleh sebab itu sebaiknya Anda untuk rutin melakukan bakcup agar suatu saat ponsel Anda mengalami bootloop, bisa Anda restore kembali datanya.

Demikianlah tiga metode reset yang umumnya digunakan untuk memperbaiki masalah-masalah yang ada di Android. Anda bisa memilih salah satu sesuai dengan kondisi HP i Cherry Anda.