Cara Reset Samsung Galaxy A11 A12 Mudah dan Cepat

Jika Anda pengguna ponsel Samsung Galaxy A11 ataupun Galaxy A12 yang ingin melakukan reset, berikut saya akan membagikan tiga cara reset termudah dan tercepat yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi segala macam masalah.

Semakin banyak data dan file yang tersimpan di ponsel Anda, tentunya akan semakin berat untuk mengolah data, apalagi Galaxy A11 memiliki spesifikasi yang tergolong pas-pasan. Dan inilah salah satu faktor yang menyebabkan performa ponsel ini menurun.

Selain itu, jika kamu ingin menjual Samsung A11 milikmu, tentunya hal yang pertama dilakukan adalah membersihkan semua data yang tersimpan di HP ini. Cara termudah untuk itu adalah mengatur ulang ke pengaturan pabrik yang dikenal dengan istilah reset.

3 Panduan Mudah Mereset Ponsel Samsung A11 dan A12

Dengan melakukan reset hp Galaxy A11 atau Galaxy A12, kalian bisa mengatasi berbagai error data seperti game dan aplikasi tidak terbuka, restart tiba-tiba, mengalami crash bahkan bootloop.

Selain itu, dapat membuka kunci pola atau kata sandi, hang di logo Samsung, menghilangkan virus dan malware, lemot, dan sebagainya.

Namun, ini akan menghapus semua data dan file, jadi lakukan pencadangan terlebih dahulu jika memungkinkan. Dan pastikan Anda masih ingat akun Google dan Samsung ID, baik email maupun kata sandinya.

Cara Factory Reset Lewat Pengaturan

Cara Reset Samsung A11 Lewat Pengaturan
Jika sekedar membersihkan data dan berbagai file sampah dan cache, cukup reset melalui menu pengaturan yang telah disediakan oleh Samsung. Berikut ini prosedur reset lewat pengaturan Samsung.

  1. Pertama buka menu Settings Samsung A11.
  2. Kemudian pilih opsi General management.
  3. Selanjutnya klik opsi Reset.
  4. Berikutnya tap opsi Factory data reset
  5. Setelah itu tap opsi Reset yang berada di bawah
  6. Berikutnya klik tombol Delete All.
  7. Sekarang Samsung Anda akan restart.

Anda hanya perlu menunggu hingga proses restart selesai, setelah itu Anda akan diminta untuk melakukan konfigurasi awal kembali dan akan diminta untuk memasukkan akun Google Anda.

Oleh karena itu, sebelum melakukan reset, sebaiknya pastikan Anda mengetahui password akun Google atau lebih baik sebelum melakukan reset, hapus akun Google Anda terlebih dahulu.

Hard Reset via Recovery

Cara Hard Reset Samsung A11 via Recovery Mode
Cara reset kedua adalah melalui recovery mode, anda bisa menggunakan reset ini jika mengalami masalah tidak bisa masuk ke menu, Samsung A11 anda hanya diam di logo Samsung. Berikut langkah-langkah hard reset melalui recovery mode.

  1. Silahkan matikan Samsung A11 terlebih dahulu.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume Atas dan tombol Power selama beberapa detik.
  3. Lepaskan tombol setelah muncul logo Samsung.
  4. Nanti akan masuk ke Android Recovery.
  5. Selanjutnya pilih opsi Wipe data / Factory reset.
  6. Lalu pilih Yes.
  7. Terakhir pilih Reboot System Now.
  8. Otomatis ponsel Anda akan restart.
  9. Tunggu beberapa menit untuk bisa boot ke Homescreen.

Gunakan tombol volume untuk navigasi naik dan turun serta tombol Power untuk konfirmasi OK.

Reset Kunci Layar Lewat Samsung Find My Mobile

Cara Reset via Samsung Find My Device
Jika Anda lupa kunci layar ponsel milikmu, Anda dapat membukanya melalui layanan Samsung Find My Mobile, tetapi pastikan terlebih dahulu ponsel Anda terdaftar dengan akun Samsung dan terhubung dengan akses internet.

  1. Buka Browser PC atau HP lain.
  2. Masuk ke halaman ini https://findmymobile.samsung.com.
  3. Login dengan menggunakan akun Samsung.
  4. Pilih HP Samsung A11.
  5. Setelah itu klik menu Lock My Screen.
  6. Kemudian tap tombol Unlock.
  7. Kamu akan diminta memasukan password Samsung lagi.

Akhir Kata

Sekarang Galaxy A11 Anda tidak lagi menjadi masalah. Semoga dengan tutorial reset hp samsung ini bisa dengan mudah dipahami. Bagikan tutorial reset ini dengan setiap pengguna sehingga mereka dapat memperbaiki masalahnya sendiri.

Jika Anda mereset melalui recovery, mau tidak mau Anda akan kehilangan data dan file karena di recovery mode tidak ada opsi untuk melakukan backup. Agar hal ini tidak terulang kembali sebaiknya lakukan backup secara berakal minimal sebulan sekali.

Jika kalian kurang paham dengan ketiga cara hard reset atau factory reset untuk Samsung Galaxy A11 dan Samsung Galaxy A12, silahkan tanyakan di kolom komentar.

Tinggalkan komentar