Cara Hard Reset Samsung Galaxy A32 [Android 11]

Semua perangkat Android termasuk Samsung Galaxy A32 terdapat fitur reset. Ada tiga metode reset yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan ponsel Samsung ke pengaturan pabrik. Untuk yang belum paham dapat mengikuti cara reset Samsung A32 di bawah ini.

Selain dibekali penyimpanan internal sebesar 64 GB, Samsung Galaxy A32 juga didukung dengan dapur pacu berkinerja tinggi. Pasalnya, ponsel memiliki daya baterai 5000 mAh ini sudah dipersenjatai CPU 2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55 Octa-Core. Selain itu, terdapat chipset berkelas besutan Medaitek yaitu Helio G80.

Melakukan reset Samsung Galaxy A32 bisa sebagai senjata pamungkas mengatasi ponsel yang bermasalah, khususnya yang disebabkan oleh masalah software. Terdapat tiga pilihan reset agar ponsel Samsung kepunyaanmu bisa kembali ke pengaturan pabrik.

Langkah-Langkah Reset Samsung Galaxy A32

Sebelum melakukan reset ada hal penting yang harus dipersiapkan. Karena proses reset ini akan memakan waktu yang lama, maka persiapkan dan pastikan daya baterai Samsung A32 Anda lebih dari 50%.

Selain itu, Anda harus melakukan backup data dan file terlebih dahulu, agar foto-foto yang ada di galeri tidak terhapus. Anda dapat memindahkan data ke laptop atau menyimpannya di Google Drive, sehingga tidak perlu khawatir lagi saat melakukan reset Xiaomi karena data disimpan dengan aman.

Cara Hard Reset Samsung A32 Lewat Recovery

Cara Hard Reset Samsung A32
Pengguna bisa melakukan reset ponsel Anda lewat recovery mode. Melakukan hard reset biasanya bertujuan untuk mengatasi masalah ponsel yang stuck di logo Samsung.

Anda hanya perlu masuk ke mode recovery dengan kombinasi tombol seperti di bawah ini. Berhubung Samsung A32 sudah menggunakan Android 11, untuk masuk ke recovery sedikit berbeda dengan Android sebelumnya.

  1. Matikan Hp Anda lalu hubungkan ke PC dengan kabel USB type C atau jika tidak memiliki PC, colokan headset type C.
  2. Setelah itu, tekan tombol Volume Atas dan Power beberapa detik.
  3. Setelah muncul logo Samsung, lepaskan kedua tombol tersebut.
  4. Pilih menu Factory reset / wipe data dengan menggunakan tombol Power.
  5. Pilih Yes untuk memulai proses reset.
  6. Sekarang tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai.
  7. Terakhir pilih menu Reboot System Now.

Cara Factory Reset Samsung A32 Via Pengaturan

Cara Factory Reset Samsung A32
Factory reset ini biasanya dilakukan ketika HP Samsung A32 Anda sedang mengalami berbagai masalah seperti terkena virus, menyebabkan HP kamu jadi lemot, atau karena performanya secara keseluruhan sudah menurun.

  1. Pertama buka menu Settings Samsung Anda.
  2. Scroll ke bawah dan tap opsi General Management.
  3. Selanjutnya tap opsi Reset.
  4. Berikutnya tap Factory Data Reset.
  5. Kemudian tap tombol Reset yang di tengah.
  6. Terakhir, tap Delete All.

Penutup

Dengan demikian dapat kita simpulkan kalau hard reset dan factory reset pada dasarnya memiliki kesamaan, yakni mengembalikan kondisi ponsel ke kondisi ketika pertama kali dinyalakan. Perbedaannya, hard reset dilakukan ketika ponsel sudah tidak bisa melakukan factory reset.

Demikianlah penjelasan soal cara hard dan factory reset Samsung Galaxy A32. Semoga informasi ini membantu dalam memperbaiki permasalahan ponsel Samsung milikmu. Untuk mendapatkan tutorial menarik lainnya tentang cara cek Samsung Galaxy A32, Anda dapat datang berkunjung kembali.