3 Cara Reset Tecno Semua Model Ke Pengaturan Pabrik

Meskipun masih baru, bisa dibilang Tecno merupakan merek HP cukup laris di Indonesia dengan berbagai model pilihan. Jika Anda belum tahu cara reset Hp Tecno, dapat mengikuti beberapa panduan di postingan ini.

Tecno sejatinya merupakan sub-brand dari Infinix, makanya dalam hal desain maupun OS ada banyak kemiripan. Meski menggunakan antarmuka HOS namun kalau di perhatikan dengan seksama sama dengan XOS kepunyaan Infinx.

Hp Tecno sama seperti ponsel yang lain, ada kalanya juga sering mengalami masalah. Sejumlah permasalahan terutama yang diakibatkan oleh memory penuh, atau tiba-tiba hang dapat dengan mudah terselesaikan reset ke pengaturan pabrik.

Pada ponsel besutan Tecno, ada dua cara yang umumnya bisa digunakan untuk melakukan reset. Pengguna dapat memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan atau yang sedang dialami.

Cara Reset Ulang HP Tecno

Cara Reset Hp Tecno
Karena reset sebagai fitur bawaan Android, maka cara melakukan sangat mudah dan dapat digunakan pada berbagai tipe dan merek ponsel. Anda juga dapat melakukan ini di hampir semua smartphone buatan Tecno.

Untuk Anda yang belum tahu, dua cara reset hp Tecno ini yakni melalui menu Pengaturan dan Recovery mode. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Factory Reset Tecno Lewat Pengaturan

Cara Factory Reset Tecno
Salah satu pilihan reset yang ada di Hp Tecno ada di menu setting. Anda dapat menggunakan opsi ini jika ingin membersihkan memori penyimpanan untuk meningkatkan kinerja atau Anda berniat untuk menjualnya, sehingga mereka yang membelinya tidak dapat mengakses data Anda.

Berikut cara reset Tecno melalui menu pengaturan.

  1. Masuk ke menu Pengaturan selanjutnya tap opsi Sistem.
  2. Kemudian tap pada Opsi Pengaturan Ulang.
  3. Selanjutnya klik Hapus semua data.
  4. Akan muncul peringatan penghapusan data, silahkan konfirm dengan tap Hapus Semua data yang ada di paling bawah.
  5. Setelah itu proses reset akan berjalan, silahkan tunggu beberapa menit sampai selesai.

Untuk mengantisipasi kehabisan baterai, sebaiknya sebelum melakukan reset pastikan baterai masih tersisa minimal 40% atau bisa dilakukan sambil charging.

Hard Reset Tecno Melalui Recovery Mode

Hard Reset Tecno
Bagi yang tidak bisa melakukan reset melalui pengaturan, dapat menggunakan fitur reset di Recovery Mode. Untuk mengakses recovery mode ada cara khusus, oleh karena itu silahkan simak panduan berikut dengan seksama.

  1. Pastikan ponsel dalam keadaan mati dan baterai masih tersisa minimal 40%.
  2. Tekan dan tahan Volume Atas dan Power secara bersamaan.
  3. Jika sudah terlihat logo Tecno lepaskan tombol Power sedangkan Volume atas tetap ditahan.
  4. Kalau sudah muncul logo HOS. Tekan tombol Power dan silahkan lepaskan tombol Volume Atas.
  5. Pilih menu Wipe Data/Factory Reset dengan menggunakan tombol Volume untuk mengulir ke menu dan tombol Power sebagai OK.
  6. Kemudian pilih Factory Reset All Data untuk konfirmasi melakukan reset.
  7. Setelah itu silahkan pilih Reboot System Now.
  8. Sampai disini Anda telah berhasil melakukan reset Tecno dengan menggunakan mode recovery.

Sebelum mencoba saya ingatkan kembali, reset akan menghapus semua data dan file yang tersimpan di penyimpanan internal. Selain itu juga, pastikan masih ingat dengan akun Google sebab setelah di reset, Anda akan diminta untuk memasukan kembali akun Google yang sebelumnya.

Kesimpulan

Semua ponsel Android memiliki mode pemulihan yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pembaruan sistem dan juga mengatur ulang data. Factory dan Hard reset adalah salah satu cara paling efektif untuk mengembalikan smartphone ke kondisi normal jika terjadi masalah serius atau tidak diketahui.

Fitur reset ini sangat berguna bagi yang mengalami bootloop, tidak bisa masuk homescreen, hanya stuck di logo Tecno atau karena layar terkunci oleh pola, PIN dan password.

Tinggalkan komentar