Cara Reset Vivo Y12, Y12s, Y12i Semua Versi OS

Salah satu cara mudah untuk memperbaiki HP Vivo Y12 adalah dengan melakukan reset atau kembali ke pengaturan pabrik. Untuk itu, disini Anda akan menemukan beberapa panduan cara reset Vivo Y12, Y12s dan Y12i.

Semua perangkat seluler terdapat 2 komponen penting yang tidak terpisahkan yakni hardware dan software. Jika salah satu rusak, ponsel Anda akan mengalami masalah.

Umumnya masalah di handphone disebabkan oleh kerusakan software entah itu data korup, terinfeksi virus atau malware, penumpukan data dan file sampah atau karena salah setting.

Untuk mengatasi hal tersebut, cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan reset. Semua smartphone sudah dibekali dengan fitur reset, Vivo menyematkan fitur reset di Vivo Y12 terdapat di opsi pengaturan dan recovery.

Cara Reset Vivo Y12 Melalui Menu Pengaturan

Reset Vivo Y12 Lewat Pengaturan
Reset merupakan fitur utama di setiap perangkat seluler, karena reset merupakan cara termudah untuk memperbaiki segala macam kerusakan sofware.

Anda bisa menemukan fitur reset ini di menu pengaturan HP Vivo Y12 milikmu. Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan semua data, aplikasi, game, file-file sampah dan cache serta lainya.

Selain itu juga, biasanya digunakan jika ingin menjual ponsel ini ke orang lain. Pastinya Anda tidak ingin semua data dan file bisa di akses oleh orang lain.

Catatan: Reset akan menghapus semua file, data, aplikasi dan game oleh sebab itu lakukan backup terlebih dahulu.

Berikut ini petunjuk mereset Vivo Y12 lewat menu setting.

  1. Pertama buka menu Settings Vivo Y12 Anda.
  2. Kemudian pilih opsi More Settings.
  3. Selanjutnya tap opsi Backup & Reset.
  4. Setelah itu klik opsi Erase All Data.
  5. Konfirmasi dengan klik Clear Now yang ada dibawah.
  6. Otomatis Vivo Y12 akan restart dengan sendirinya.

Saat ini Anda tinggal menunggu selama beberapa menit untuk bisa masuk ke tampilan Funtouch OS. Jika sudah masuk, silahkan setting ulang dari awal lagi dan jangan lupa untuk memasukan akun Google dan Vivo yang sebelumnya telah terdaftar.

Cara Reset Vivo Y12 Melalui Recovery Mode

Reset Vivo Y12 via Recovery
Setiap HP Vivo memiliki recovery mode yang mana dapat digunakan untuk melakukan instalasi ulang dan melakukan hard reset.

Fitur reset yang ada di Vivo recovery ini bisa berguna untuk mengatasi Vivo Y12 yang mengalami masalah tidak bisa masuk ke pengaturan karena mengalami bootloop atau hang di logo Vivo.

Sebelum melakukan reset lewat recovery, pastikan Anda ingat dengan akun Google dan kata sandinya. Sebab, Vivo Y12 ini memiliki fitur FRP (Factory Reset Protection) yang mana Anda setelah melakukan reset wajib login kembali dengan akun Google yang sebelumnya terdaftar.

Berikut ini langkah-langkah reset lewat Vivo Y12 recovery.

  1. Matikan HP anda terlebih dahulu. Jika memang dalam Vivo Y12 dalam kondisi bootloop, langsung saja ke step berikut ini.
  2. Tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan. Setelah muncul Fastboot Mode lepaskan kedua tombol.
  3. Langkah berikut pilih opsi Recovery mode. Gunakan tombol Volume untuk memilih dan Power untuk enter.
  4. Setelah masuk Vivo Recovery, pilih opsi Wipe Data.
  5. Pilih lagi opsi Wipe data.
  6. Jika sudah muncul notifikasi Sucessfull pilih OK.
  7. Optional lakukan juga Wipe Cache Partition.
  8. Setelah itu pilih Reboot.
  9. Otomatis Vivo Y12 Anda akan restart.

Anda tinggal menunggu proses restart beberapa menit sampai masuk ke menu awal Funtouch OS. Silahkan melakukan konfigurasi awal lagi dan memasukan akun Google.

Penutup

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara mereset Vivo Y12, Y12i, Y12s sehingga bisa memperbaiki segala error yang ada di handphone kepunyaanmu. Jika masalah masih belum teratasi kemungkinan ada kerusakan hardware dan ini hanya bisa dilakukan oleh tukang servis.