5 Cara Screenshot Samsung A03s yang Praktis

Screenshot adalah salah satu fungsi terpenting dalam sebuah ponsel, termasuk Samsung A03s. Untuk yang belum tahu caranya, jangan khawatir Anda dapat dengan mudah melakukannya melalui panduan disini.

Hadir dengan desain khas Samsung, Galaxy A03s juga merupakan salah satu rekomendasi perangkat Android yang menarik untuk dimiliki. Meskipun tergolong ponsel entry level tapi spesifikasi dan fitur cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Performanya ditopang oleh prosesor Helio P35 yang dipadukan dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Ada juga GPU PowerVR GE8320 untuk pengolah grafis yang bisa dibilang cukup baik. Kemudian tak ketinggalan juga kapasitas baterai 5000 mAh dan resolusi layar HD+ yang sepertinya kini menjadi standar baru ponsel Samsung.

Fitur yang jarang diketahui oleh pengguna Samsung Galaxy A03s adalah Palm Swipe To Capture yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar atau screenshot menjadi lebih praktis. Selain itu, Anda bisa mengambil screenshot dengan shortcut, scroll capture dan Assistant Menu.

Tutorial Screenshot Hp Samsung Galaxy A03s

Cara Screenshot Samsung A03s
Pengguna Samsung Galaxy A03s mungkin masih belum paham bagaimana memanfaatkan fitur screenshot di ponselnya. Salah satu kegunaan fitur screenshot ini adalah untuk menunjukkan bukti transfer saat menggunakan m-banking.

Banyak aplikasi tersedia untuk mempermudah pengambilan tangkapan layar. Namun, dengan smartphone saat ini, sudah tidak lagi memerlukan aplikasi tambahan untuk mengambil screenshot di ponsel Anda.

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengambil screenshot layar Samsung A03s. Untuk mengetahui caranya, yuk simak langkah-langkah di bawah ini.

Screenshot Dengan Menekan Tombol

Tombol Volume dan Power bisa Anda gunakan untuk memotret layar di Samsung A03s atau perangkat Android lainnya. Lebih jelasnya ikuti prosedur lengkap cara screenshot dengan tombol di bawah ini.

  1. Pertama tentukan halaman pada layar yang akan di screenshot.
  2. Tekan tombol Volume Down dan Power bersamaan.
  3. Lalu layar Samsung A03s akan berkedip.
  4. Setelah muncul hasil tangkapan layar, silahkan pilih Simpan, Edit atau Share.

Mungkin cara ini tampak sepele tapi untuk saat penekanan tombol harus tepat dan jangan di tahan. Langsung lepaskan.

Shortcut Screenshot

Untuk mengambil tangkapan layar menggunakan fitur ini, Anda terlebih dahulu harus mengaktifkan fiturnya di menu Settings atau Pengaturan. Shortcut screenshot dapat ditemukan di panel menu asisten.

  1. Buka menu Pengaturan > Aksesibilitas > Interaksi dan Kecekatan > lalu aktifkan Menu Asisten.
  2. Jika fitur tersebut aktif, Assistant Menu akan muncul di layar ponsel Anda.
  3. Berikutnya tap Menu Asisten yang muncul di layar.
  4. Ambil screenshot dengan mengetuk shortcut Gambar Layar.

Menu Asisten adalah fitur khusus yang hanya ada di ponsel Samsung. Setelah mengaktifkan fitur Menu Asisten, Anda dapat mencoba mengambil tangkapan layar dengan fitur ini, caranya sangat mudah. Fitur ini juga menyediakan shortcut seperti screen recording, split screen dan tombol virtual.

Screenshot Panjang

Anda tidak akan kesulitan lagi untuk screenshot konten panjang (misalnya seluruh obrolan dengan si dia di WA atau Telegram) berulang-ulang, karena sekali screenshot sudah cukup, sudah bisa menangkap semua konten panjang tersebut.

Buka menu PengaturanFitur LanjutanGambar Layar. Silahkan klik slider Bilah alat gambar layar untuk mengaktifkanya.

Langkah selanjutnya buka aplikasi mau Anda screenshot panjang, seperti Whatsapp yang menampilkan seluruh percakapan dengan mantan. Kemudian buat screenshot dengan menggunakan metode apapun pada Samsung A03s Anda.

Nantinya akan muncul toolbar dibagian bawah, ketuk Scroll Capture (gambar panah ke bawah) untuk mengambil ss panjang.

Gesture Screenshot

Cara mengambil Palm swipe ini paling praktis karena lebih mudah dalam penggunaanya. Selain itu, berguna untuk Hp tombol power atau volume rusak.

Masuk ke menu Settings kemudian pilih Advanced Features. Temukan lalu tap Motion And Gesture kemudian aktifkan Palm Swipe To Capture.

Sekarang buka halaman pada layar yang Anda ingin screenshot. Setelah fitur ini aktif, Anda dapat mengambil screenshot dengan mengusap layar dari samping kanan ke kiri atau sebaliknya menggunakan telapak tangan.

Beberapa detik kemudian Anda akan mendengar suara shutter. Untuk melihat hasilnya, buka aplikasi Gallery.

Kesimpulan

Bukan tanpa alasan mengapa seseorang wajib menyertakan screenshot yang diunggah ke Facebook atau Instagram. Karena ternyata terdapat banyak fungsi yang menguntungkan jika menerapkan cara screenshot Samsung A03s.

Nah, hasil screenshot tersebut bisa Anda unggah ke media sosial seperti Instagram, Telegram atau Whatsapp. Saya harap tutorial ini berguna buat para pemilik Samsung.