5 Cara Screenshot Samsung A50 Praktis dan Mudah

Ingin mengambil tangkapan layar tapi belum tau bagaimana melakukannya? Di artikel ini ada 5 cara screenshot Hp Samsung A50 yang beberapa diantaranya mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

Ponsel yang dirilis pada 2019 ini memiliki tiga kamera utama 25MP + 8MP + 5MP. Selain itu, ada juga kamera sekunder 25MP yang masih dilengkapi autofokus. Kamera ini memiliki berbagai fitur fotografi seperti LED flash, panorama, HDR, Geo-tagging dan face detection. Anda juga dapat merekam video beresolusi 1080 piksel.

Samsung Galaxy A50 memiliki layar berukuran 6,4 inci dan dibekali dengan resolusi yang cukup besar mencapai FHD+ 1080 x 2340 piksel. Dengan layar yang lebar dan resolusi yang cukup baik, smartphone besutan Samsung ini cukup mumpuni dalam menampilkan gambar, ditambah lagi dengan hadirnya kerapatan 403 ppi.

Dengan layar seluas ini, terkadang beberapa pengguna ingin menyimpan konten yang ditampilkan tetapi tidak tahu cara screenshot di Samsung Galaxy A50. Untuk itu bagi Anda yang penasaran bagaimana cara membuatnya, maka bisa melihat tutorialnya sebagai berikut.

Cara Mengambil Screenshot Hp Samsung A50 / A50s

Ponsel ini dihadirkan untuk menyasar kalangan anak muda. Oleh sebab itu, Samsung tak hanya membekali spesifikasi mumpuni, tetapi juga menawarkan fitur yang cukup lengkap di dalamnya.

Saat ini, banyak pengguna yang bertanya-tanya mengenai cara menggunakan fitur-fitur yang terdapat di Samsung, termasuk fitur screenshot salah satunya.

Beberapa pemilik Hp Samsung biasanya melakukan tangkapan layar dengan menggunakan kombinasi tombol. Ada beberapa yang belum tahu cara screenshot panjang atau swipe screenshot di Samsung A50 maupun pada Galaxy A50s.

Kombinasi Tombol

Cara Screenshot Samsung A50 Dengan Tombol
Membuat screenshot dengan kombinasi tombol pada umumnya bisa digunakan di sejumlah smartphone Android termasuk Samsung A50. Anda cukup mengambil tangkapan layar menggunakan kombinasi tombol.

Pertama tentukan halaman atau area pada layar yang akan Anda screenshot. Lalu Anda tekan tombol Volume Down dan Power bersamaan dan segera lepaskan.

Jika berhasil, akan terdengar bunyi kamera dan melihat layar berkedip dan Setelah itu muncul hasil tangkapan layar, silahkan pilih opsi Bagikan, Simpan atau Edit.

Palm Swipe To Capture

Cara Palm Swipe To Capture Samsung A50
Fitur Palm Swipe hanya dapat Anda temukan pada smartphone Samsung. Untuk pengguna Galaxy A50 yang mungkin belum mengetahui cara mengaktifkan Palm Swipe To Capture, berikut caranya.

  1. Buka menu Pengaturan lalu pilih Fitur Lanjutan.
  2. Pilih Gerakan dan Gesture kemudian aktifkan opsi Usapkan telapak tangan untuk mengambil screenshot (Palm Swipe To Capture).
  3. Anda tinggal usap layar dengan posisi tangan menghadap ke samping.
  4. Akan terdengar suara shutter.
  5. Hasil screenshot akan muncul, Anda bisa langsung bagikan, edit atau simpan.

Ini adalah fitur khusus Samsung yang memudahkan pengguna untuk mengambil screenshot dengan cepat. Namun Anda harus melakukan pengaturan terlebih dahulu agar dapat melakukannya.

Menu Asisten

Cara Screenshot Samsung A50 Lewat Menu Asisten
Jika kedua cara diatas masih kurang nyaman anda gunakan, silahkan coba melakukan screenshot lewat menu asisten. Tapi, Anda harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu.

  1. Buka dulu menu Pengaturan lalu scroll ke bawah dan tap Aksesibilitas.
  2. Pilih Interaksi dan Kecekatan kemudian aktifkan Menu Asisten.
  3. Sekarang pergi ke halaman yang ingin di screenshot.
  4. Setelah itu, klik Menu Asisten yang tampil di layar.
  5. Ambil screenshot dengan mengetuk ikon Gambar Layar.

Selain bisa untuk mengambil screenshot dengan lebih mudah, Anda pun bisa menemukan berbagai macam pintasan di panel tersebut, seperti untuk mengaktifkan Perekam Layar, mengatur volume, serta mematikan layar.

Scroll Capture (Screenshot Panjang)

Untuk membuat tangkapan layar yang panjang, Anda perlu memastikan fitur Bilah alat gambat sudah aktif. Berikut cara screenshot panjang Samsung A50 dan Galaxy A50s.

  1. Buka menu Pengaturan lalu pilih Fitur Lanjutan.
  2. Berikutnya tap Gambar Layar berikutnya aktifkan fitur Bilah alat gambar layar.
  3. Buat tangkapan layar dengan Palm Swipe atau dengan tombol.
  4. Di bagian bawah pratinjau gambar screenshot terdapat ikon seperti Scroll Capture, Share, dan Crop.
    Ikon Screenshot Panjang Samsung
  5. Silahkan tap ikon yang bergambar tanda panah ke bawah dan tap ikon tersebut beberapa kali agar bergulir.
  6. Nantinya gambar screenshot panjang akan tersimpan di galeri Samsung.

Edge Panel

Fitur Edge Panel ini menyajikan akses cepat ke beberapa aplikasi favorit, tools, hingga fitur screenshot. Tapi perlu Anda tahu, fitur ini biasanya nggak bakal aktif secara default. Artinya Anda harus mengaktifkannya lebih dulu.

  1. Buka layar ponsel kamu lalu ketuk menu Settings.
  2. Selanjutnya tap menu Displays lalu aktifkan Panel Edge.
  3. Jika sudah akan muncul garis kecil di sisi layar.
  4. Anda tarik garis tersebut ke arah tengah lalu tap ikon gerigi.
  5. Berikutnya centang agar Smart Select aktif.
  6. Kemudian tekan tombol Back untuk menutup Panel Edge
  7. Sekarang ambil screenshot dengan cara tarik Panel Edge lalu menu Smart select.
  8. Pilih Rectangle kemudian tentukan area yang akan di-screenshot dengan menarik sisi-sisi bingkai.
  9. Jika sudah tap tombol Done.

Penutup

Sedangkan untuk melihat gambar screenshotnya, Anda di aplikasi Albums dan mencarinya, sama seperti saat akan melihat foto atau gambar seperti biasa.

Meskipun keempat cara screenshot Samsung A50 ini bisa cepat dilakukan oleh Anda. Namun, kenyamanan setiap metode pengambilan screenshot akan bergantung pada selera masing-masing pengguna.

Itu dia tadi cara menggunakan fitur screenshot di Samsung Galaxy A50. Saya berharap Anda berhasil melakukannya.