5 Cara Screenshot Samsung M32, Panjang, Pintasan dan Tombol

Dengan screen capture Anda dapat menyimpan gambar layar Hp Samsung Galaxy M32 milikmu, terutama ketika sedang menampilkan sesuatu yang penting bagi Anda.

Samsung Galaxy M32 merupakan HP andalan dengan chipset MediaTek MT6853 Dimensity 720 5G yang bisa bermain game dengan kualitas grafis tinggi. Selain itu, sudah mengemas modul kamera dengan sensor terbaik dan mampu melakukan zoom serta dapat digunakan merekam video resolusi tinggi.

Layar kemudian menjadi sektor yang paling dibanggakan oleh Samsung dibanding seri sebelumnya. Ini karena, ponsel menggunakan resolusi HD+ 720 x 1600 yang mampu menyajikan transisi layar lebih halus dan membuat mata semakin nyaman. Selain itu, density layar pun sudah 270 ppi.

Di Hp Samsung Galaxy M32 untuk mengambil tangkapan gambar layar, Anda bisa melakukan tanpa menggunakan tombol fisik, Ada metode lain yang harus Anda coba. Seperti screenshot 3 jari, gesture dan screenshot panjang. Berikut cara menggunakan keempat fitur ini.

Cara Mengambil Screenshot Hp Samsung Galaxy M32

Cara Screenshot Samsung M32
Screenshot adalah aktivitas pengambilan gambar yang terlihat pada layar ponsel dengan menggunakan sejumlah metode. Dengan begitu kita dapat gunakan untuk mengambil informasi atau membagikan hal-hal yang dianggap penting seperti score game, riwayat percakapan, atau hanya iseng membagikan.

Samsung M32 mempunyai beragam fitur yang dapat membantu pekerjaan atau aktivitas harian dari penggunanya. Salah satu fitur menarik adalah screenshot dengan tombol, pintasan, usapakan telapak tangan dan screenshot panjang.

Menekan Tombol

Cara umum dalam mengambil screenshot di ponsel Android Anda tentu dengan cara menekan tombol suara serta tombol daya bersama-sama. Cara ini tergolong praktis pasalnya bisa dilakukan tanpa perlu mengaktifkan fiturnya.

  1. Pertama buka terlebih dahulu area yang ingin Anda screenshot.
  2. Kemudian secara bersamaan tekan tombol Power dan Volume Down.
  3. Proses tangkapan layar akan ditandai dengan layar berkedip dan bunyi kamera.
  4. Sekilas muncul gambar screenshot dan segera tersimpan.
  5. Anda juga dapat potong, putar atau efek tulisan pada gambar screenshot.

Kami kita hampir semua pengguna Android sudah mengetahui cara screenshot dengan tombol. Pasalnya semua merek ponsel telah mengadopsi fitur ini.

Pintasan Gambar Layar

Pintasan Gambar Layar yang terdapat di menu Asisten menyerupai tombol bulat yang melayang di sisi kanan layar. Jika diketuk, tombol ini akan menampilkan pintasan untuk mengambil screenshot dan screen recording.

  1. Buka smartphone Samsung Anda lalu masuk ke menu Settings.
  2. Selanjutnya, ketuk menu Accessibility.
  3. Di halaman accessibility, Anda pilih Interaction and dexterity atau Interaksi dan Kecekatan.
  4. Aktifkan Assistant Menu dengan mengetuk sakelar on/off.
  5. Anda akan melihat menu asisten di layar ponsel.
  6. Tahap berikutnya, pilih area atau halaman yang ingin di potret.
  7. Tap tombol Assistant Menu berikutnya tap pintasan Gambar Layar (Screenshot).

Dengan menggunakan cara screenshot ini akan mudah untuk menentukan area yang akan di-capture walaupun berpindah aplikasi maupun halaman. Memang sedikit ribet, karena harus melakukan pengaturan terlebih dahulu sebelum fitur ini bisa digunakan.

Usapkan Telapak Tangan

Jika tidak ingin menggunakan kombinasi tombol untuk membuat screenshot, Anda bisa coba cara lain, yaitu fitur Gesture screenshot.

  1. Pergi ke Pengaturan » Fitur Lanjutan.
  2. Pada menu fitur lanjutan Anda pilih Gerakan dan Gesture.
  3. Selanjutnya geser ke kanan atau tap pada tombol Usapkan telapak tangan untuk mengambil atau Palm Swipe To Capture untuk mulai mengaktifkan.
  4. Berikutnya, buka bagian yang ingin di ambil tangkapan layar.
  5. Lalu geser layar dari sisi kanan layar ke kiri atau sebaliknya.
  6. Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa telah berhasil melakukan pengambilan screenshot di Hp Samsung Anda.
  7. Anda bisa melakukan sedikit editing pada hasil screenshot, seperti crop gambar dan sebagainya

Screenshot Panjang Samsung M32

Scrolling screenshot adalah salah satu fitur Android yang dapat digunakan untuk membuat gambar layar yang panjang dan bergulir. Simak panduan cara screenshot panjang pada Hp Samsung M32.

  1. Buka Settings [Pengaturan].
  2. Ketuk Advanced Features [Fitur Lanjutan].
  3. Ketuk Screenshot [Gambar Layar].
  4. Berikutnya aktifkan fitur Screenshot Toolbar / Bilah Alat Gambar.
  5. Setelah itu, sekarang bisa mengambil tangkapan layar menggunakan gesture atau tombol fisik.
  6. Silahkan Anda ketuk pada gambar panah ke bawah yang ada di toolbar.

Penutup

Dengan keempat cara screenshot Samsung M32 di atas, Anda tidak perlu menginstall aplikasi screenshot pihak ketiga, karena semuanya sudah ada di Hp milikmu.

Bisa dibilang kombinasi tombol paling praktis diantara yang lain tanpa perlu repot melakukan pengaturan terlebih dahulu. Tetapi sebaiknya jangan keseringan menggunakan kombinasi ini agar tombol tidak cepat rusak.

Tapi tetap saja, semua itu tergantung kepada cara yang paling mudah menurut Anda. Sedangkan jika mempunyai metode lain untuk screenshot di Samsung Galaxy M32, coba memberitahukan kepada kami di kolom komentar.