Cara Mengaktifkan Split Screen Redmi 9A / Redmi 9C

Redmi 9A dan Redmi 9C adalah 2 varian ponsel terbaru dari Xiaomi yang menggunakan antarmuka MIUI 12. Salah satu hal bikin kecewa tidak ada fitur Split Screen seperti HP yang lain.

Split screen atau dikenal dengan Multi Window adalah salah fitur yang terdapat Android yang mana memungkinkan penggunannya untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Contoh sederhananya, Anda bisa chat Whatsapp dengan teman sambil menonton video Youtube.

Fitur Split Screen ini biasanya sudah dibekali di ponsel Android Nougat keatas, tapi entah kenapa, Redmi 9A ini tidak tersedia fitur keren ini. Padahal HP Xiaomi Redmi 5A milik saya yang menggunakan MIUI 11 Android Oreo bisa diakses melalui menekan lama aplikasi dan menggunakan shortcut tombol navigasi.

Mungkin ada alasan tersendiri kenapa Split Screen atau Multi Window tidak disematkan di Redmi 9A. Bisa jadi karena menggunakan MIUI 12 berbasis Android 10 di ponsel dengan RAM hanya 2GB membuat Xiaomi terpaksa menghilangkan beberapa fitur.

Cara Mengaktifkan Split Screen Redmi 9A / 9C

Untuk Anda yang ingin bisa menggunakan Split Screen di Redmi 9A maupun Redmi 9C, salah satu cara mudahnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi yang bernama Split Screen Shortcut memungkinkan Anda untuk akses split-screen pada Redmi 9A milikmu. Aplikasi cukup simple untuk digunakan dan memiliki ukuran tidak terlalu besar hanya 6.3MB.

  • Install aplikasi Split Screen Shortcut melalui Play Store.
  • Kemudian dibuka aplikasi tersebut, berikan perizinan Accessibility.
    Accessibility untuk mengaktifkan Split Mode
  • Setelah itu, Anda dapat memilih salah satu opsi untuk mengakses split-screen.
    • menekan lama tombol beranda
    • menekan lama tombol kembali
    • menekan lama tombol ikhtisar
    • mengetuk tombol aksesibilitas
    • mengetuk notifikasi pada laci notifikasi

Split Screen di Notifikasi Panel

Setelah saya mencoba, untuk akses melalui tombol navigasi tidak dapat berjalan dengan semestinya. Sedangkan opsi lainnya dapat bekerja dengan lancar tanpa kendala.

Selain itu, tidak semua aplikasi dan game bisa Anda jadikan dua layar dengan menggunakan aplikasi ini.

Akhir Kata

Tentunya perlu diingat bahwa Redmi 9A dan Redmi 9C adalah ponsel entry level. Jadi, Fitur Split Screen ini cukup berat untuk dijalankan di ponsel yang memiliki RAM 2GB dan menggunakan Android 10.

Apalagi aplikasi ini bukan bagian dari sistem, ketika HP Anda mulai kehabisan RAM tentunya sistem Android akan menutup paksa aplikasi ini.

Demikianlah panduan terkait cara mengaktifkan Split Screen di HP Redmi 9A dan Redmi 9C. Semoga tutorial ini bisa berguna untuk memudahkan aktifitas saat menggunakan ponsel Xiaomi ini.