Mengenal Fitur Penting Yang Ada Di Vivo Y12

Vivo Y12 merupakan salah satu ponsel Android yang cukup laris di indonesia, selain memiliki spesifkasi mumpuni, smartphone ini juga dibekali dengan berbagai fitur yang akan memanjakan penggunanya.

Ponsel yang dirilis pada pertengahan tahun 2019 ini, oleh Vivo telah disematkan dengan chipset buatan Mediatek yakni Helio P22 yang memiliki prosesor Octa Core ARM Cortex-A53. Yang mana, chipset ini akan bekerja sama dengan GPU PowerVR GE8320.

Vivo memberikan beberapa pilihan RAM 3GB dan 4GB serta memory penyimpanan sebesar 32GB dan 64GB yang mana bisa diperluas dengan menambahkan memory card sebesar 128GB.

Ponsel Vivo Y12 ini menjalankan Android 9 Pie yang kemungkinan besar akan mendapatkan update ke OS Android 10. Antarmuka FuntouchOS 9 terbaru akan memanjakan penggunanya dengan segudang fitur canggih dengan tampilan yang menarik.

Ada beberapa fitur yang menurut saya yang perlu Anda ketahui.

Menduplikasi aplikasi dengan fitur App Clone

App Clone Vivo
App Clone adalah salah satu fitur terbaru yang disematkan Vivo di ponsel ini. Fitur ini serupa dengan yang ada di HP Oppo dan Dual Apps yang dimiliki oleh Xiaomi.

Dengan fitur Clone ini, Anda dapat menduplikasi aplikasi apa pun yang sudah diinstal di Vivo Y12. Jadi Anda tidak perlu Login dan Logout berulang kali hanya untuk mengganti akun Anda. Anda dapat menggunakan kedua aplikasi tersebut bersamaan dengan akun berbeda.

Untuk cara menggunakan Clone ini juga mudah, Anda tinggal mengaktifkan aplikasi yang ingin di duplikat.

  • Buka menu Settings yang ada di Vivo Y12.
  • Pada bagian bawah, Anda akan menemukan opsi App Clone.
  • Selanjutnya, Anda pilih aplikasi yang ingin di kloning/duplikat.

Screenshot Menggunakan 3 Jari

Screenshot 3 Jari Vivo
Pada dasarnya semua ponsel Android memungkinkan untuk melakukan screenshot dengan menekan tombol Volume Bawah dan Power bersamaan. Cara seperti ini bisa menyebabkan tombol volume maupun power cepat rusak.

Untuk mengatasi hal ini, Vivo menghadirkan metode lain untuk mengambil tangkapan layar tanpa menggunakan kedua tombol tersebut. Pada fitur S-Capture yang ada di Vivo Y12 memungkinkan Anda melakukan screenshot dengan menggunakan 3 jari saja, cukup swipe pada layar ponsel Anda dari atas ke bawah menggunakan tiga jari.

Sebelum menggunakan fitur ini, Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu seperti petunjuk dibawah ini.

  • Buka menu Settings.
  • Pilih S-Capture.
  • Kemudian aktifkan opsi Three Fingers Screenshot.

Mengunci Aplikasi Dengan Fitur App Lock

Fitur App Lock Vivo
Vivo Y12 sudah dilengkapi dengan Fingerprint dan salah satu fitur yang di FuntouchOS adalah App Lock yang mana memungkinkan Anda mengunci aplikasi dengan sidik jari ataupun password untuk melindungi privasi yang Anda yang ada di aplikasi tersebut.

Dengan fitur ini, tidak bisa sembarang orang bisa membuka aplikasi Anda karena dibutuhkan sidik jari yang sudah didaftarkan.

Silahkan ikuti caranya disini untuk bisa menggunakan fitur App Lock.

  • Pertama buka Settings.
  • Selanjutnya pilih Security & Privacy.
  • Didalam menu tersebut, tap pada opsi Privacy and app encryption.
  • Kemudian pilih App encryption.
  • Silahkan aktifkan aplikasi yang ingin di kunci.

Multi Window Dengan Fitur Smart Split

Fitur Smart Split Vivo
Vivo menyematkan fitur Smart Split yang berfungsi untuk membelah tampilan layar supaya dapat menampilkan 2 jendela aplikasi sekaligus.

Dengan adanya fitur Smart Split ini, akan memudahkan Anda untuk melakukan 2 aktifitas bersamaan, contohnya sambil menonton Youtube Anda juga bisa membalas pesan Whatsapp dari teman atau pacar.

Berikut ini cara mengaktifkan Smart Split di Vivo Y12.

  • Buka Settings.
  • Pilih Smart Split.
  • Nanti muncul 3 pilihan, silahkan pilih Manual screen-split.
  • Kemudian aktifkan Slide three fingers downward to split the screen.

Tapi sayang, tidak semua aplikasi bisa dijadikan multi window hanya beberapa aplikasi saja yang support seperti Facebook, Youtube, Whatsapp dan Instagram.

Fitur Dark Mode

Dark Mode Vivo
Salah satu fitur yang sedang trending saat ini adalah Dark Mode, fitur ini secara default ada di Android 10. Untuk mengantisipasi keinginan para penggunanya, fitur ini sudah disediakan oleh Vivo di FuntouchOS 9 mereka meski masih menggunakan Android 9 Pie.

Dengan adanya fitur Dark Mode, memungkinkan tampilan antarmuka Vivo Y12 menjadi serba hitam. Begitu juga dengan tampilan dari beberapa aplikasi yang terpasang di dalamnya.

Selain itu, penggunaan baterai pada Vivo Y12 akan bertahan sedikit lebih lama. Kelebihan lainnya, mode ini akan membuat mata Anda lebih nyaman saat menggunakan ponsel ini di tempat gelap.

Cara mengaktifkan Dark Mode cukup mudah. Di sini kami tunjukkan caranya.

  • Buka menu Settings.
  • Kemudian pilih opsi Display and Brightness.
  • Lanjut dengan memilih Dark Mode.
  • Silahkan geser toogle Dark Mode untuk mengaktifkannya.

Demikian ulasan saya mengenai lima fitur penting yang bisa Anda temukan di Vivo Y12. Sebenarnya masih ada beberapa fitur lagi yang akan saya ulas di lain waktu.

Semoga dengan penjelasan di atas kalian bisa mengetahui fungsi dari fitur-fitur tersebut dan mengaplikasikannya ke dalam HP Vivo Y12 kalian.

Tinggalkan komentar