Cara Mengatasi GPS Android Tidak Berfungsi Dan Tidak Akurat

Hampir semua smartphone sudah dilengkapi dengan GPS (Global Positioning System), meskipun begitu ada saja yang mengalami masalah seperti lokasi tidak akurat bahkan tidak jalan sama sekali. Untuk mengatasi hal seperti ada beberapa panduan yang bisa membantu Anda mengatasinya.

GPS telah membantu begitu banyak orang selama bertahun-tahun yang mana teknologi ini mampu berbagi lokasi dengan teman-teman, melacak ponsel yang hilang, melacak aktivitas lari, bersepeda, hiking, dan jarak lainnya, sebagai penunjuk arah ke tempat-tempat yang tidak dikenal.

Saking bergunanya di kehidupan sehari-hari kita, jika GPS mengalami masalah membuat kita frustasi dan kesal. Pasalnya aktiifitas kita akan terganggu terutama para ojek online.

7 Cara Memperbaiki GPS Android Tidak Berjalan / Melenceng Jauh

Lokasi merupakan informasi utama yang dibutuhkan oleh aplikasi seperti Google Maps, GoJek dan Grab agar bisa berfungsi dengan baik. Jika GPS di ponsel Anda tidak mampu menentukan lokasi yang tepat, pastinya akan menghambat aktifitas Anda.

Jika GPS di ponsel Android Anda mengalami masalah seperti tidak akurat atau tidak berfungsi dengan baik, ada beberapa cara mudah untuk memperbaikinya.

Berikut ini adalah beberapa perbaikan untuk mencoba mengatasi GPS Android yang tidak berfungsi.

Memilih Mode Akurasi Tinggi

GPS Mode Akurasi Tinggi
Untuk meningkatkan akurasi lokasi di Android, Google menggabungkan WiFi, Bluetooth, Data Seluler, dan GPS untuk memperkirakan data lokasi Anda. Dalam kasus ini di mana lokasi Anda tidak berfungsi di android, mengaktifkan Akurasi Lokasi Google dapat membantu.

  • Buka menu Pengaturan HP Android milikmu.
  • Ketuk opsi Lokasi untuk langsung menuju ke pengaturan lokasi.
  • Selanjutnya pilih mode Akurasi Tinggi.

Hapus Cache Aplikasi Map

Saat Anda menggunakan Google Maps, secara otomatis menyimpan beberapa data untuk memudahkan akses saat digunakan lagi, selain itu cache juga membantu aplikasi bekerja lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit sumber daya.

Akan tetapi, semakin lama cache akan menghabiskan ruang penyimpanan, sehingga beberapa aplikasi tidak bisa bekerja dengan maksimal. Menghapus cache dari aplikasi Maps dapat membantu memperbaiki masalah GPS yang tidak berfungsi yang saat ini Anda hadapi.

  • Buka menu Pengaturan.
  • Selanjutnya pilih Aplikasi.
  • Cari dan tap aplikasi Google Maps.
  • Ketuk Penyimpanan & Cache.
  • Selanjutnya ketuk Hapus cache.
  • Anda juga dapat mengetuk opsi Hapus data untuk mengatur ulang aplikasi Maps.

Periksa Koneksi Jaringan

Jika Anda mencoba melacak lokasi di aplikasi yang membutuhkan internet, seperti Google Maps, pastikan HP milikmu memiliki koneksi internet yang stabil. Masalah GPS Android yang tidak berfungsi mungkin muncul jika Anda berada di jangkauan jaringan yang rendah.

Untuk mengatasinya, silakan sambungkan kembali ke internet atau pindah ke tempat-tempat dengan jangkauan jaringan yang kuat.

Matikan dan hidupkan GPS lagi

Salah satu cara mudah adalah dengan mematikan dan menghidupkan GPS di ponsel Anda. Cukup geser ke bawah panel pengaturan cepat dan ketuk pintasan Lokasi untuk mematikannya, biarkan beberapa detik kemudian hidupkan kembali.

Nonaktifkan Fitur Power Saving / Mode Hemat Baterai

Di Android sudah dilengkapi dengan fitur Power Saving, Anda sebaiknya mematikan fitur ini agar GPS bisa bekerja kembali.

GPS ini sangat menguras baterai saat dihidupkan / digunakan. Untuk meminimalkan penggunaan baterai, sistem Android secara otomatis menonaktifkan beberapa fitur seperti GPS saat baterai mulai lemah atau mode hemat baterai dihidupkan.

Untuk dapat menggunakan GPS Anda secara efektif lagi, mematikan penghemat baterai dapat membantu Anda. Jika baterai Anda terlalu lemah, silakan colokkan pengisi daya Anda dan biarkan perangkat mengisi daya sebentar.

Update Google Maps Ke Versi Terbaru

Selain mencoba semua perbaikan di atas, Anda juga harus memastikan untuk menggunakan aplikasi Maps terbaru. GPS Anda mungkin tidak berfungsi jika aplikasi yang dimaksud bermasalah atau tidak pernah di update.

Jika Anda menggunakan Google Maps, silakan kunjungi Play Store untuk memperbarui aplikasi ke versi terbaru. Setelah Anda menggunakan versi terbaru, coba bersihkan data aplikasi dan cache seperti cara diatas.

Cek GPS Via Aplikasi Status GPS & Toolbox

Sebagian besar solusi yang disebutkan di atas mempersempit masalah ke perangkat lunak. Sementara itu, Anda juga harus memiliki perangkat keras yang berfungsi agar penggunaan GPS Anda berjalan dengan lancar.

Dengan aplikasi GPS Status & Toolbox memudahkan untuk memeriksa apakah semua sensor terkait GPS di Android Anda berfungsi dengan baik.

  • Unduh GPS Status & Toolbox di Play Store.
  • Buka aplikasi dan berikan semua izin yang diperlukan.
  • Ketuk tombol menu di sudut kiri atas.
  • Pilih Diagnosis sensor.
  • Ini akan mencantumkan semua sensor yang tersedia, menunjukkan tanda hijau pada sensor yang berfungsi dengan baik.

Mendiagnosis status GPS dengan aplikasi Status & Toolbox GPS seharusnya cukup untuk mengetahui apakah perangkat keras ponsel Anda baik-baik saja. Jika ada yang salah selama pengujian, berkonsultasi dengan teknisi dapat membantu Anda memperbaiki masalah dan mengembalikan Anda ke rute yang diinginkan.

Penutup

GPS atau Global Positioning System sekarang sudah dilengkapi di hampir semua perangkat, termasuk smartphone. Namun terkadang GPS di ponsel tidak akurat sehingga membingungkan pengguna atau pengendara kendaraan.

Semoga dengan beberapa tips diatas dapat mengatasi GPS yang tidak bekerja dan juga mampu meningkatkan akurasi lokasi. Jika Anda ada pertanyaan terkait GPS ini, silahkan melalui kolom komentar dibawah ini.

Tinggalkan komentar