3 Cara Reset Hp Redmi 6A Paling Mudah dan Ampuh

Masalah yang dialami ponsel Xiaomi Redmi 6A Anda kemungkinan bisa diatasi dengan melakukan factory reset atau hard reset. Berikut cara reset Redmi 6A paling mudah dan manjur.

Xiaomi telah mempercayakan ponsel ini kepada CPU Quad-core 2.0 GHz Cortex-A53 dengan system on chip (SoC) MT6761 Helio A22. Adanya CPU handal besutan Mediatek pada Redmi 6A ini menyebabkan gadget ini memiliki kinerja yang bagus. Dan juga, RAM 2GB yang memungkinkan ponsel ini mencapai performa terbaik.

Tidak diragukan spesifikasinya tentu tergolong terbaik, hal tersebut bukan berarti tidak akan lepas dari error seperti tidak ada suara, ngeblank, panas saat data hidup maupun bootloop. Itu sebabnya, Xiaomi menyediakan fitur reset untuk mengatasi error tersebut.

Prosedur Reset Xiaomi Redmi 6A

Terdapat beberapa cara untuk melakukan reset pada Xiaomi Redmi 6A yakni hard reset, factory reset dan reset lewat layanan Xiaomi. Anda bisa menerapkan salah satu metode sesuai dengan situasi dan kondisi ponsel milikmu.

Sebelum mengikuti cara reset HP Redmi 6A, sebaiknya semua data penting telah dibackup karena proses ini akan menghilangkan seluruh data yang ada di ponsel. Jika sudah, maka silahkan mengikuti langkah-langkah berikut ini secara berurutan.

Reset Via MiCloud

MiCloud adalah layanan milik Xiaomi yang berguna untuk para pengguna melakukan backup, melacak lokasi dan reset data. Untuk menggunakan layanan ini, pastikan fitur Micloud di Redmin 6A sudah aktif dan juga ponsel kalian terhubung dengan akses internet.

Untuk caranya, siapkan PC atau Hp lainnya, kemudian buka browser lalu akses ke web MiCloud Xiaomi. Setelah masuk dengan akun Mi yang terdaftar di Redmi 6A Anda.

Opsi Cari Perangkat MiCloud
Setelah itu, pilih Cari Perangkat biarkan beberapa saat sampai Hp kalian terdeteksi lokasinya.

Reset Redmi 6A Melalui MiCloud
Jika sudah, tap Hapus Data kemudian setelah Anda benar-benar yakin klik tombol Hapus. Nanti proses reset akan dimulai, silahkan tunggu sampai selesai.

Reset Melalui Recovery Mode

Apabila Hp Redmi 6A Anda mengalami bootloop atau terkunci oleh pola maupun PIN, coba untuk mengatasinya dengan metode hard reset ini.

Untuk cara hard reset Redmi 6A dapat melakukannya melalui recovery mode.

  1. Matikan Hp Anda terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol Volume Atas dan Power tahan sejenak.
  3. Kemudian lepaskan setelah muncul logo Mi.
  4. Pilih Wipe Data lalu tap Wipe All Data..
  5. Selanjutnya pilih Confirm. Jika muncul Data Wipe Successfully, pilih tombol Back to main menu.
  6. Dan terakhir pilih Reboot lalu Reboot System.

Reset Lewat Pengaturan

Untuk yang belum tahu prosedur cara factory reset Hp Redmi 6A lewat menu pengaturan, coba ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan seksama.

Setelan Cadangkan dan Setel Ulang Redmi 6A
Pertama-tama, buka menu Setelan lalu tap Tentang Ponsel. Kemudian scroll ke bawah lalu pilih Cadangkan & setel ulang.

Menu Reset Pabrik Redmi 6A
Berikutnya pilih Reset ke setelan pabrik. Pilih opsi Reset Ponsel yang ada di bawah. Setelah itu tap Next kemudian konfirmasi dengan klik OK. Silahkan menunggu sampai proses reset selesai.

Akhir Kata

Begitulah tiga cara reset yang dapat Anda gunakan di Hp Xiaomi dan metode reset di atas sudah di tes pada Redmi 6A yang menggunakan MIUI V12 berbasis Android 10.

Begitulah cara hard dan factory HP Redmi 6A dengan mudah. Perlu diketahui kalau ketiga metode tersebut bisa menghapus seluruh data di penyimpanan ponsel, oleh karena itu jika ada file atau data yang penting lakukan backup terlebih dahulu. Ada juga beberapa tips lain seperti cara mengaktifkan mode gelap yang akan diposting nanti.