4 Cara Reset Samsung A52 Lupa Pola, PIN dan Password

Solusi paling mudah dan gratis untuk mengatasi hampir semua masalah salah satunya lupa pola di smartphone adalah dengan factory reset. Untuk yang belum tahu cara reset Samsung A52 dapat mengikuti langkah-langkah pada postingan ini.

Samsung A52 telah didukung dengan chipset Snapdragon 720G akan menjadi kunci performa ponsel ini. Panel Super AMOLED andalan Samsung mampu menampilkan resolusi 1080 x 2400 piksel. Layarnya berukuran 6,5 inci dan dilengkapi refresh rate 90Hz.

Ponsel ini dibekali empat kamera di bagian belakang masing-masing dengan resolusi 64MP, 12MP, 5MP, dan 5MP. Sedangkan di bagian depan terdapat kamera selfie 32MP. Baik kamera depan maupun belakang mampu merekam video dengan kualitas hingga 4K@30fps.

Samsung A52 juga telah mendapatkan sertifikasi tahan air dan debu IP67. Sedangkan, daya tahannya akan didukung oleh baterai 4.500 mAh yang mendukung pengisian cepat 25W. Teknologi ini diklaim mampu mengisi daya hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Jika suatu saat, ponsel Anda mengalami masalah seperti lupa kunci pola, ngecas jadi lama, sering hang, kemasukan virus ataupun ingin menjualnya, Anda butuh reset ke pengaturan pabrik.

Tutorial Cara Reset Hp Samsung Galaxy A52

Meski smartphone Samsung ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, terkadang perangkat tersebut hang atau error saat loading aplikasi atau game yang berat. Hal ini tergolong wajar, karena tidak ada satupun perangkat yang sempurna dan bebas dari segala masalah.

Oleh sebab itu, biasanya setiap perangkat dibekali dengan fitur reset yang berguna untuk mengembalikan kondisi ke pengaturan pabrik. Jika ponsel Samsung A52 mengalami masalah, coba dulu melakukan reset sebelum Anda membawanya ke service center.

Untuk itu, mengenai cara reset Samsung A52 selengkapnya maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut.

Reset Samsung A52 Lupa Pola

Cara Reset Samsung A52 Lupa Pola
Untuk pengguna yang mengalami masalah dengan pola, pin atau password kunci layar karena lupa atau hal lainnya dapat melakukan reset tanpa menghapus data melalui layanan Samsung Find My Mobile.

Namun, pastikan sebelumnya sudah mengaktifkan fitur Find My Mobile dan Remote Unlock yang ada di menu pengaturan Samsung A52 Anda. Dan juga ponsel harus masih terhubung dengan akses internet baik itu data seluler atau Wifi.

Untuk caranya, pertama siapkan perangkat PC atau jika tidak punya, gunakan ponsel milik teman. Lalu buka situs Find My Mobile. Kemudian login dengan akun Samsung yang terdaftar.

Jika sudah masuk ke layanan dan akun Anda terhubung ke beberapa perangkat, pastikan memilih Samsung A52 Anda. Kalau sudah lanjut dengan ketuk opsi Unlock nanti akan masuk ke halaman Unlock my phone silahkan Anda ketuk tombol Unlock yang berwarna biru.

Untuk konfirmasi, akan diminta untuk memasukan password akun Samsung dan setelah itu proses reset kunci layar akan berlangsung. Beberapa detik kemudian pola atau PIN sudah di reset.

Hard Reset Melalui Mode Recovery

Cara Hard Reset Samsung A52
Metode reset ini berguna untuk memperbaiki masalah mati hidup sendiri, blank hitam atau putih, serta stuck di logo. Untuk cara hard reset Samsung A52 menggunakan recovery mode, silahkan ikuti panduannya di sini.

  1. Pertama, hubungkan ponsel Anda ke PC dengan kabel USB tipe C.
  2. Setelah terhubung, matikan HP Samsung Anda terlebih dahulu.
  3. Kemudian, tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power.
  4. Lepaskan tombol setelah logo Samsung muncul di layar.
  5. Nanti akan masuk ke Android Recovery.
  6. Pilih opsi Wipe data / Factory reset.
  7. Klik OK dengan menggunakan tombol Power untuk konfirmasi.
  8. Setelah selesai, pilih Reboot System Now.
  9. Selanjutnya ponsel Samsung Anda akan restart.

Nantinya smartphone akan secara otomatis melakukan restart dan proses reset dimulai. Apabila smartphone telah masuk ke menu home screen untuk pengaturan pengguna maka proses reset telah selesai dan Anda dapat menggunakan tersebut seperti semula.

Factory Reset Lewat Pengaturan

Cara Factory Reset Samsung A52
Jika ponsel Anda mengalami masalah hang, sering mati sendiri, aplikasi tertutup sendiri atau masalah ringan lainya, Anda dapat melakukan factory reset Samsung Galaxy A52 lewat pengaturan.

  1. Buka menu Pengaturan yang ada di Samsung Galaxy A52 Anda.
  2. Selanjutnya klik menu Manajemen umum.
  3. Step selanjutnya pilih Reset.
  4. Kemudian pilih Reset Data Pabrik.
  5. Setelah itu klik tombol Reset yang ada dibagian bawah.
  6. Kemudian tap pilih Hapus semua.
  7. Setelah itu Samsung Anda akan restart dan memulai proses kembali ke pengaturan pabrik.

Anda juga dapat menggunakan metode ini jika ingin menjual ponsel milikmu. Memang harus dihapus semua data di ponsel agar orang lain tidak bisa mengakses data-data penting Anda.

Demikianlah tutorial tentang cara reset Samsung A52 guna mengatasi segala macam error baik itu dari sistem ataupun karena kelalaian kalian sendiri seperti lupa dengan kunci layar baik itu pola, sandi atau PIN.

Selain informasi cara reset, kami juga sudah pernah memberikan tutorial lain seperti cara screenshot Samsung A52 yang akan berguna buat Anda suatu saat nanti.